SAATNYA SEKARANG PETANI BERDASI

SUDAH SAATNYA PETANI BERDASI

Selasa, 05 Oktober 2010

Pakan lele buatan sendiri dapat menekan cost produksi 50%!!!

Pakan Lele buatan sendiri

Bahan2nya :

dedak halus (bekatul) 20%, ampas tahu 20%, menir atau jagung giling 20%, dan ayam broiller mati yang dibeli borongan di peternakan ayam atau ikan rucah yang dibeli di TempatPelelangan Ikan (TPI) sebanyak 35%, tepung tapioka 5% dan vitamin C serta B Complex.

Cara pembuatannya :

Ayam broiller atau ikan dibersihkan dan hanya diambil dagingnya. Tulang, jeroan serta kulit dibuang. Selanjutnya bahan-bahan digiling menggunakan gilingan daging manual. Hasilnya berupa adonan yang liat. Adonan dibentuk lempengan seperti pempek Palembang lalu dikukus sampai benar-benar masak. Tanda kemasakan adalah,apabila ditusuk, sudah tidak ada bagian yang berwarna keputih-putihan. Pakan ramuan sendiri inilah yang dijadikan menu sehari-hari lele tersebut.

Cara Aplikasinya :

Sebelum pakan buatan sendiri diberikan dan untuk menunjang pertumbuhan lele, kolam budidaya lele dicampurkan dengan 3 tutup merah RATU BIOGEN atau 30 ml. RATU BIOGEN akan bekerja secara cepat, dan segera terlarut dengan air kolam. Cara pemberian pakan cukup dengan ditaruh dalam tampah, nyiru atau nampan kayu dan dimasukkan ke dalam bak atau kolam. Tampah, nyiru atau kotak kayu ini dibuat tiga susun. Tampah paling bawah berukuran paling besar, yang ditengah tanggung dan yang di atas paling kecil. Tiga tampah ini diikat kawat dengan jarak sekitar 15 cm. dan diberi gantungan untuk mengikatkannya di tiang pancang, hingga tampah paling atas hanya masuk ke dalam air sebatas 10 sd. 20 cm. Pakan hanya ditaruh pada tampah bagian atas. Tetapi karena lele itu akan makan secara berebutan, maka pakan akan berhamburan dan jatuh pada tampah kedua. Di sini pun pakan diperebutkan dan kembali berhamburan. Tetapi karena pakan di tampah kedua hanya merupakan ceceran dari tampah diatasnya, maka yang jatuh ke tampah ketiga pun volumenya terbatas.
Dengan cara tersebut, pakan yang jatuh dan masuk ke dalam kolam bisa diminimalkan.
Atau bisa juga dengan cara adonan ramuan pakan tadi di masukkan kedalam plastik bening, lalu di ikat dan digantungkan sehingga plastik berisi adonan pakan lele tersebut tidak tenggelam didasar kolam, jangan lupa memberikan bolongan pada plastik agar lele dapat memakan adonan tersebut.

1 komentar:

  1. siang Pak/ibu
    nama saya rudi,saya baru terjun dibidang peternakan lele baru 1minggu,,yg mau saya tanyakan klau pakan lele saya kasih uut ma layer campur potongan daging ayam apakah bisa,trus pemberian makan ya berapa kali dalam 1hari dan berapa banyak takaran klau saya kasih makan tiap harinya klau saya ternak sekitar 2000ribu ekor.terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus